Translator

saudiarabia inggris francis cina koreautara japan jerman belanda.

penjelasan thdp nasehat yg ditulis ibrahim arruhaili
bongkar fitnah alhalabi

Download

E-Books Free

Mutiara Salaf

أنت تكثر سواد أهل الضلال إذا كنت تراهم وتسكت عنهم ، أنت مؤيد ومشجع لهم إذا كنت تراهم يعيثون في الأرض فساداً وتسكت . المجموع280/14

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhaly hafizhahullah berkata:

“Engkau memperbanyak jumlah Ahlu Dholal (adalah) jika engkau melihat mereka namun engkau diam (tidak mengingkari mereka). Engkau (adalah) pendukung dan supporter mereka jika engkau melihat mereka melakukan kerusakan di muka bumi, namun engkau hanya membisu” (Majmu’ Fatawa 14/280)

"سنناطح ونجادل وندافع عن السنة وعن ديننا وليقل الأعداء ما يشاؤون"

Al-Imam Muqbil Al-Wadi'iy rahimahullah berkata:

"Kami akan terus menghadang dan membantah (kesesatan) dan kami akan terus membela as-Sunnah dan agama kami. Dan silahkan para musuh mengatakan apa saja yang mereka inginkan." [Kaset "Adh-Dhargham as-Sady"]

Tulisan Terbaru

tukpencarialhaq versi android new

Benarkah Tidak Boleh Membantah Ulama Yang Keliru Kecuali Seorang Ulama Juga

bismillahirrohmanirrohim

benarkah-tidak-boleh-membantah-ulama-yang-keliru-kecuali-seorang-ulama-juga

BENARKAH TIDAK BOLEH MEMBANTAH ULAMA YANG KELIRU KECUALI SEORANG ULAMA JUGA

✍🏻 Asy-Syaikh Rabi’ bin Hady Al-Madkhaly hafizhahullah

📪 Penanya: Pertanyaan ketiga –semoga Allah Ta’ala menjaga Anda, memberkahi Anda dan memanjangkan umur Anda dalam ketaatan-Nya– pertanyaan ketiga: benarkah ucapan sebagian manusia: “Tidak boleh membantah seorang ulama kecuali ulama juga?”

🔓 Asy-Syaikh: Hal ini jika terjadi, maksudnya jika kesesatannya didiamkan dan tidak dijumpai seorang ulama yang menjelaskan kebenaran, sementara ada seseorang yang dianggap kecil memiliki hujjah dan dalil, maka wajib atasnya untuk menyampaikan apa yang dia ketahui. Yang menjadi dalil adalah bahwasanya seorang ulama dan seorang penuntut ilmu tidak boleh berbicara kecuali berdasarkan ilmu dan tidak boleh masuk dalam sebuah perkara pun kecuali dengan ilmu.

وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُوْلًا.

“Dan janganlah engkau mengikuti hal-hal yang engkau tidak memiliki ilmu tentangnya, sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati semuanya akan dimintai pertanggungjawaban.” (QS. Al-Isra’: 36)

⚠️ Jadi berbicara berdasarkan kebodohan dalam ucapan apapun –walaupun yang mengucapkannya adalah seorang ulama– hukumnya tertolak, tidak diterima, dan haram. Bahkan terkadang sampai ke tingkatan yang lebih besar dosanya dibandingkan kafir kepada Allah Azza wa Jalla. Hal ini sebagaimana firman Allah Tabaaraka wa Ta’ala:

قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَالإثْمَ وَالْبَغْيَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَنْ تُشْرِكُوْا بِاللهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُوْلُوْا عَلَى اللهِ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ.

“Katakanlah: “Sesungguhnya Rabbku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang itu merupakan perkara yang Allah tidak menurunkan keterangan yang membolehkannya, dan Dia mengharamkan kalian untuk mengada-adakan atas nama Allah apa yang tidak kalian ketahui.” (QS. Al-A’raf: 33)

🗒 Al-Imam Ibnul Qayyim berkata ketika menjelaskan ayat ini: “Sesungguhnya Allah Tabaaraka wa Ta’ala menyebutkan perkara-perkara ini bertahap dari yang paling kecil dosanya hingga yang paling besar. Jadi dosa yang paling besar adalah berbicara atas nama Allah tanpa ilmu, karena masuk padanya kesyirikan, kekafiran, dan masuk pula padanya bid’ah serta kemaksiatan, dan yang lainnya. Jadi pangkal bencana adalah berbicara atas nama Allah tanpa ilmu, berbicara dengan menggunakan nama Allah dan dengan label agama-Nya tanpa ilmu.

✋🏻 Maka, jika di sana terdapat seorang penuntut ilmu yang dia mengetahui duduk perkara sebuah permasalahan dan dia juga memiliki dalil dan hujjah tentang masalah tersebut dan para ulama tidak ada yang berbicara, maka hendaknya dia berbicara menjelaskan kebenaran.

💽 Sumber audio: http://www.youtube.com/watch?v=l2asjS071cw

📑 Sumber transkrip: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=100529

🌎 Kunjungi || http://forumsalafy.net/benarkah-tidak-boleh-membantah-ulama-yang-keliru-kecuali-seorang-ulama-juga/

⚪️ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram ||

💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎💎

 

 

 

 

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>