Translator

saudiarabia inggris francis cina koreautara japan jerman belanda.

penjelasan thdp nasehat yg ditulis ibrahim arruhaili
bongkar fitnah alhalabi

Download

E-Books Free

Mutiara Salaf

أنت تكثر سواد أهل الضلال إذا كنت تراهم وتسكت عنهم ، أنت مؤيد ومشجع لهم إذا كنت تراهم يعيثون في الأرض فساداً وتسكت . المجموع280/14

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhaly hafizhahullah berkata:

“Engkau memperbanyak jumlah Ahlu Dholal (adalah) jika engkau melihat mereka namun engkau diam (tidak mengingkari mereka). Engkau (adalah) pendukung dan supporter mereka jika engkau melihat mereka melakukan kerusakan di muka bumi, namun engkau hanya membisu” (Majmu’ Fatawa 14/280)

"سنناطح ونجادل وندافع عن السنة وعن ديننا وليقل الأعداء ما يشاؤون"

Al-Imam Muqbil Al-Wadi'iy rahimahullah berkata:

"Kami akan terus menghadang dan membantah (kesesatan) dan kami akan terus membela as-Sunnah dan agama kami. Dan silahkan para musuh mengatakan apa saja yang mereka inginkan." [Kaset "Adh-Dhargham as-Sady"]

Tulisan Terbaru

tukpencarialhaq versi android new

Al-Halabi Tempo Dulu Membantah Perbuatan Situsnya Sendiri

Bismillahirrohmanirrohim. o

alhalabi tempo dulu

Takfir Sayyid Quthb terhadap Masyarakat Muslimin

Al-Halabi Tempo Dulu Membantah Perbuatan Situsnya Sendiri

Oleh : Raa’id Alu Thahir

(padanya terdapat bantahan atas tuduhan asy-Syaikh Rabi’ Mutasyaddid)

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن سار على نهجه إلى يوم الدِّين؛ أما بعد:

Para Halabiyyun bergembira [1] ketika mereka berhasil mendapatkan kalimat yang keluar dari asy-Syaikh al-Albani rahimahullah, yaitu dalam dialog yang terjadi antara asy-Syaikh al-Albani rahimahullah dengan seorang penanya, yang dalam dialog tersebut asy-Syaikh al-Albani terkesan “mendukung” Sayyid Quthb dan membantah (tidak sependapat) dengan asy-Syaikh Rabi’ hafizhahullah[2]

Dalam dialog tersebut asy-Syaikh al-Albani mengatakan, “Kitab-kitabnya (Sayyid Quthb) sebagaimana telah dijelaskan oleh Doktor (Rabi’) – jazahullah khairan – sarat dengan kesalahan-kesalahan ilmiah, di antaranya ada kesalahan i’tiqadiyyah, ada pula kesalahan fiqhiyyah.”

Asy-Syaikh al-Albani rahimahullah juga berkata, “Oleh karena itu sebenarnya kami senang senang dengan semangat ilmiah saudara kita DR. Rabi’. Namun kami menasehatinya untuk menggunakan cara ar-Rifq (kelembutan) terhadap orang-orang tersebut yang menyimpang/berpaling dari dakwah al-Haq kepada dakwah orang yang tidak ada ilmu padanya. Kami katakan kepada sang Doktor, ‘Sayyid Quthb bukanlah seorang yang berilmu. Bahkan bisa jadi  juga tidak bisa digabung dalam deretan penuntut ilmu, sebagaimana kondisi kebanyakan para penulis, terutama pada masa ini, yakni mereka menulis dalam keadaan mereka mengira bahwa mereka memiliki keahlian di situ. Ini pandanganku.”

Ketika sang penanya meminta kepada asy-Syaikh al-Albani rahimahullah dalil (bukti) yang menunjukkan sifat keras (syiddah) pada bantahan-bantahan asy-Syaikh Rabi’ hafizhahullah, maka asy-Syaikh al-Albani menyebutkan sejumlah (bukti) dari kitab Adhwa’ Islamiyyah ‘ala ‘Aqidati Sayyid Quthb wa Fikrihi karya asy-Syaikh Rabi’, yaitu pernyataan asy-Syaikh Rabi’ dalam kitab tersebut, “Sayyid Quthb terus menerus menuduh masyarakat Islam semuanya sebagai masyarakat jahiliyyah, yakni masyarakat kafir.” [3]

Asy-Syaikh al-Albani menyanggah tafsir asy-Syaikh Rabi’ terhadap kata “Jahiliyyah” dengan makna “kafir”, dan beliau (asy-Syaikh) menganggapnya sebagai salah satu dalil atas sikap keras tersebut,[4] beliau (asy-Syaikh al-Albani) berkata, “Apabila Sayyid Quthb menyifati masyarakatnya dengan “jahiliyyah” maka dari mana kita bisa menafsirkannya dan menisbahkan kepadanya bahwa dia mengkafirkan masyarakat?”

Di antara yang disampaikan oleh si Penanya, “Anda mengatakan,“Padanya ada syiddah (keras). Thoyyib dari mana syiddah tersebut? Dari kata ini misalnya?! Aku katakan, “Berdasarkan apa yang aku baca sebelumnya, bahwa itu adalah masyarakat jahiliyyah. Dia (Sayyid Quthb) tidak menghukuminya dengan Islam. Maka beliau menafsirkannya dengan apa yang telah lalu (penyebutannya).”

Kemudian asy-Syaikh al-Albani berbicara tentang pendapat beliau bahwa tidak ada hajr pada masa ini, kecuali orang yang mengkhawatir atas dirinya bakal terkenai kotoran orang-orang yang menyimpang, baik secara aqidah maupun akhlak. Kemudian beliau berkata di penutup pembicaraannya, “Maka aku menginginkan, demi Allah dengan ikhlash aku katakan untuk temanku – tidak aku katakan muridku seperti dulu – ‘hendaknya dia (asy-Syaikh Rabi’) melanjutkan jihad dan ilmunya. Namun hendaknya ia melunakkan ucapannya terhadap rivalnya.”

Kesimpulan dialog di atas ada tiga hal,

Pertama, masalah syiddah (keras) dalam membantah. Dan ini telah dijawab oleh asy-Syaikh al-Albani sendiri, setelah beliau disifati dengan sifat seperti itu (yaitu syiddah) oleh sebagain para ahlul ilmi yang mulia di zamannya disebabkan sebagian bantahan-bantahan beliau. Bisa dilihat selengkapnya dalam artikelku yang berjudul Jawaban asy-Syaikh al-Albani rahimahullah terhada orang yang menyifati sebagian bantahan-bantahan beliau dengan sifat ‘syiddah’ (keras).

* Asy-Syaikh al-Albani sendiri mengataka, “Aku tidak mengingkari bahwa padaku ada ‘syiddah’, namun aku yakin bahwa ‘syiddah’ tersebut aku letakkan pada tempatnya, yaitu pada letakkanya yang sesuai.” [Kaset Silsilah al-Huda wa an-Nur no. 277]
“… inilah dakwah mereka, mereka mengingkari penggunaan syiddah secara mutlak, dan ini bukanlah Islam. Pengingkaran terhadap syiddah secara mutlak bukanlah Islam.” المصدر
Asy-Syaikh Bin Baz mengatakan, “Bahwa Syari’at yang sempurna ini datang dengan sikap lembut pada tempatnya, dan dengan syiddah (sikap keras) pada tempatnya. Maka tidak boleh seorang muslim pura-pura bodoh dalam masalah ini.”
Perlu diketahui, bahwa sikap syiddah (keras) terhadap ahlul bid’ah adalah manqabah(kemuliaan) menurut ‘ulama salaf. Contohnya, dalam kitab Siyar A’lam an-Nubala’ (VII/110), al-Imam Ahmad bin Hanbal berkata, “Apabila engkau melihat seseorang mencelanya, maka tuduhlah dia (orang yang mencela tersebut). Karena sesungguhnya ia sangat keras terhadap ahlul bid’ah.” [5]

Kedua, masalah hukum hajr (memboikot/meninggalkan ahlul bid’ah) pada masa ini. aku telah menjelaskan secara rinci permasalahan ini, dan aku tegaskan madzhab 3 imam, dalam artikelku berjudul Bukti-bukti menggugurkan klaim yang mengatakan bahwa para imam yang tiga tidak memandang adanya Hajr pada masa ini.

 

Ketiga, penisbahkan ‘pengkafiran masyarakat (muslimin)’ kepada Sayyid Quthb. Ini yang akan kita bahas dalam tulisan ini.

Aku katakan,

Sungguh di antara sikap-sikap aneh orang-orang mumayyi’in (lembek dalam manhajnya) menganggap hukum para ‘ulama terhadap pribadi-pribadi tertentu termasuk dalam masalah ijtihadiyyah, tidak harus diterima!! Dan – kata mereka – berbeda antara (“hukum dari seorang yang tsiqah”) dengan (“kabar dari seorang yang tsiqah”); yang pertama tidak harus diterima, sedangkan yang kedua harus diterima, namun perlu adatatsabbut (kroscek)!! Dan – kata mereka pula – jarh (cercaan) mufassar (rinci) yang mu’tabar dan memuaskan semua pihak – yang dimaksud semua pihak di sini tentunya tidak termasuk orang yang dijarhitu sendiri, para pembelanya, dan orang-orang yang merekomendasinya – tidak harus diterima oleh semua pihak, walau jarh tersebut telah pasti berdasarkan hujjah-hujjah (argumentasi) yang meyakinkan dan bukti-bukti yang sangat jelas.   

Syubhat-syubhat ini semua telah aku kumpulkan dilengkapi dengan bukti-bukti otentik dalam sekian artikel bantahan terhadap mereka. silakan baca kembali kitab :

البراهين العتيدة في كشف أحوال وتأصيلات علي الحلبي الجديدة

Atau ringkasannya yang berjudul:

إجابة السائل في تلخيص مخالفات علي الحلبي والرد عليه في الأصول والمسائل

Namun pertanyaan yang perlu disampaikan di sini,

Mana penerapan “prinsip-prinsip” di atas oleh mereka dalam hal penilaian asy-Syaikh al-Albani rahimahullahterhadap rudud (bantahan-bantahan) asy-Syaikh Rabi’ hafizhahullah sebagai bantahan yang terdapat syiddahpadanya?

Maka hukum tersebut (syiddah) menjadi sesuatu yang mulzam (harus diterima) wajib diterima oleh seluruh salafiyyin, dan tidak lagi termasuk masalah ijtihadi? Padahal asy-Syaikh al-Albani sendiri menganggap penilaian yang beliau sampaikan tersebut semata-mata pendapat dan cara pandang (beliau sendiri)?

Apakah tafsir tersebut – yaitu terlepasnya Sayyid Quthb dari (tuduhan) mengkafirkan masyarakat – merupakan tafsir yang mu’tabar dan memuaskan semua pihak, sehingga wajib diterima oleh semua pihak?

Atau ringkasnya, kenapa kita melihat al-Halabi dan kelompoknya menghilangkan (tidak memberlakukan) prinsip-prinsip mereka ketika menyikapi asy-Syaikh Rabi’, namun mereka menerapkan prinsip-prinsip tersebut demi membela ahlul bid’ah yang jelas-jelas sebagai ahlul bid’ah??

Pertanyaan berikutnya, apabila asy-Syaikh al-Albani rahimahullah memuji semangat keilmuan asy-Syaikh Rabi’ dan jihadnya dalam membantah orang-orang yang menyimpang, maka bagaimana bisa dikatakan bahwa asy-Syaikh Rabi’ tidak memiliki landasan/dasar ilmu?

Ataukah, wajib menerima penilaian asy-Syaikh al-Albani terhadap uslub asy-Syaikh Rabi (yaitu sebagaiuslub yang syiddah/keras), namun tidak wajib menerima penilaian beliau terhadap ilmu dan jihad asy-Syaikh Rabi’? yaitu mirip dengan cara, “Apakah kalian beriman dengan sebagian (isi) al-Kitab dan mengingkari sebagian lainnya”?

(bersambung Insya Allah)

Diterjemahkan dari http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=138469


[1]  Termasuk yang turut bergembira adalah saudara Firanda Andirja

[2]  Dialog ini pulalah yang dinukil oleh Firanda dalam tulisannya yang menjatuhkan seorang ‘ulama sunnah abad ini, asy-Syaikh al-’Allamah al-Mujahid Rabi’ al-Madkhali hafizhahullah.

[3] Di sini, penyataan Sayyid Quthb,”masyarakat Jahiliyyah”, ditafsirkan oleh asy-Syaikh DR. Rabi’ dengan “masyarakat Kafir”.

[4]  Yakni syiddah (sikap keras) pada diri asy-Syaikh Rabi’

[5]  Catatan: mulai dari tanda ( * ) hingga di sini merupakan tambahan dari penerjemah.

Sumber: http://dammajhabibah.net/2013/10/12/al-halabi-tempo-dulu-membantah-perbuatan-situsnya-sendiri/

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>