Translator

saudiarabia inggris francis cina koreautara japan jerman belanda.

penjelasan thdp nasehat yg ditulis ibrahim arruhaili
bongkar fitnah alhalabi

Download

E-Books Free

Mutiara Salaf

أنت تكثر سواد أهل الضلال إذا كنت تراهم وتسكت عنهم ، أنت مؤيد ومشجع لهم إذا كنت تراهم يعيثون في الأرض فساداً وتسكت . المجموع280/14

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhaly hafizhahullah berkata:

“Engkau memperbanyak jumlah Ahlu Dholal (adalah) jika engkau melihat mereka namun engkau diam (tidak mengingkari mereka). Engkau (adalah) pendukung dan supporter mereka jika engkau melihat mereka melakukan kerusakan di muka bumi, namun engkau hanya membisu” (Majmu’ Fatawa 14/280)

"سنناطح ونجادل وندافع عن السنة وعن ديننا وليقل الأعداء ما يشاؤون"

Al-Imam Muqbil Al-Wadi'iy rahimahullah berkata:

"Kami akan terus menghadang dan membantah (kesesatan) dan kami akan terus membela as-Sunnah dan agama kami. Dan silahkan para musuh mengatakan apa saja yang mereka inginkan." [Kaset "Adh-Dhargham as-Sady"]

Tulisan Terbaru

tukpencarialhaq versi android new

Jika Seorang Rawi Dinilai Tsiqah Oleh Satu Orang Namun Dijarh Oleh Empat Orang, Atau Dijarh Oleh Empat Orang dan Dinilai Tsiqah Oleh Empat Orang, Perkataan Siapa Yang Dipegangi?

Bismillahirrohmanirrohim. o

jika seorang rawi dinilai tsiqah oleh satu orang

JIKA SEORANG RAWI DINILAI TSIQAH OLEH SATU ORANG NAMUN DIJARH OLEH EMPAT ORANG, ATAU DIJARH OLEH EMPAT ORANG DAN DINILAI TSIQAH OLEH EMPAT ORANG, PERKATAAN SIAPA YANG DIPEGANGI?

Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi rahimahullah

Penanya: Jika seorang rawi dinilai tsiqah oleh satu orang namun dijarh oleh empat orang, atau dijarh oleh empat orang dan dinilai tsiqah oleh empat orang, perkataan siapa yang dipegangi? Mohon penjelasan dengan satu contoh dari kitab-kitab hadits dan biografi para perawi dalam masalah jarh mufassar, karena saya mendahulukan ta’dil pihak yang lebih banyak?

Jawab: Mendahulukan ta’dil pihak yang lebih banyak tidaklah benar, karena pihak yang menjarh mengetahui apa yang tidak diketahui oleh pihak yang menta’dil. Misalnya: engkau melihat seseorang yang selalu shalat di shaff pertama dan atas dasar itu engkau menilainya sebagai orang yang terpercaya, tetapi temanmu mengetahui bahwa dia adalah orang yang lemah hafalannya. Atau engkau melihat seseorang yang selalu shalat di shaff pertama, namun temanmu mengetahui bahwa dia bekerja di bank riba atau suka membuat atau mengambil gambar makhluk yang bernyawa atau pekerjaannya tukang cukur jenggot.

Jadi pihak yang menjarh mengetahui apa yang tidak diketahui oleh pihak yang menta’dil, walaupun seseorang dinilai terpercaya oleh sepuluh orang namun ada satu orang yang menjarhnya secara terperinci maka jarh yang terperinci tersebut diterima, wallahul musta’an.”

Sumber: Ijaabatus Sail 498-499

Sumber: WSI ~ http://forumsalafy.net/jika-seorang-rawi-dinilai-tsiqah-oleh-satu-orang-namun-dijarh-oleh-empat-orang-atau-dijarh-oleh-empat-orang-dan-dinilai-tsiqah-oleh-empat-orang-perkataan-siapa-yang-dipegangi/

1 comment to Jika Seorang Rawi Dinilai Tsiqah Oleh Satu Orang Namun Dijarh Oleh Empat Orang, Atau Dijarh Oleh Empat Orang dan Dinilai Tsiqah Oleh Empat Orang, Perkataan Siapa Yang Dipegangi?

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>